Cara Berpikir yang Benar untuk Detektif Perselingkuhan

detektif perselingkuhan Cara Berpikir yang Benar untuk Detektif Perselingkuhan cropped shutterstock JP1 300x300Cara Berpikir yang Benar untuk Detektif Perselingkuhan

Memecahkan masalah membutuhkan lebih dari satu metode. Setiap ide harus diuji kebenarannya sampai terbukti sebaliknya. Berpikir seperti detektif adalah bagaimana kita begitu terobsesi untuk memecahkan masalah. Seberapa baik kita menghubungkan titik-titik tersebut?

Detektif sering disebut cerdas dan berbakat.

Mereka memiliki kemampuan untuk melihat apa yang tidak di lihat oleh orang biasa. Namun ternyata ada cara untuk memiliki kemampuan sebesar itu. Kata “ Detektif Perselingkuhan” berarti mengungkapkan kebenaran. Kata ini berbicara tentang mendeteksi apa yang mungkin dan apa yang tidak mungkin. Bagaimana mengamati orang melakukan sesuatu dan mengapa.

Detektif yang mencari hubungan antara fakta adalah kebiasaan. Para detektif dalam menghasilkan ide-ide baru juga menerapkan teknik lima langkah James Webb Young untuk pemecahan masalah secara kreatif. Tetapi kita tidak harus menjadi detektif yang cerdas untuk berpikir seperti itu. Kita sendiri bisa melatih kemampuan kita sendiri, menemukan keterkaitan antara sejumlah fakta. Diantaranya dengan:

Melakukan Deduksi dan Perhatian Secara Bersamaan

Sherlock Holmes bukanlah contoh terbaik dari orang yang peduli. Tapi itulah rahasia dibalik detektif paling terkenal yang pernah ada. Kesadaran memungkinkan dia untuk mengarahkan perhatiannya yang mengembara untuk fokus pada apa pun yang penting baginya.

Bagaimana Cara Berpikir yang Benar untuk Detektif Perselingkuhan?

Seperti yang dijelaskan Maria Konnikova dalam bukunya Mastermind: How to Think Like Sherlock Holmes, detektif Inggris itu selalu mengawasi, tidak hanya melihat. Selalu perhatian dan fokus membuatnya mudah untuk menemukan petunjuk yang diperlukan, untuk mendapatkan solusi yang nyata.

Holmes mengamati fakta tanpa menilai.

Detektif berfokus untuk menemukan hubungan antara fakta dan memahami semua yang dilihatnya. Ia menerapkan prinsip penalaran deduktif. Sherlock akan menuliskan beberapa hipotesis tentang apa yang dia yakini terjadi. Kemudian akan mencari lebih banyak bukti untuk memvalidasi pernyataan awalnya secara logis. Detektif itu membongkar apa yang terjadi, sepotong demi sepotong.

Secara intuitif tampaknya menjauh dari masalah yang sedang kita coba selesaikan. Memaksa pikiran kita untuk mundur bukanlah hal yang mudah. Dalam cerita detektif, Dokter Watson yang merupakan sahabat sejati Holmes seringkali tidak bisa lepas dari masalah yang ada. Ia tidak bisa mentolerir bila Holmes menjadi kesal dengan hal-hal yang dianggapnya sepele.

Tetapi deduksi membutuhkan jarak. Kita harus membiarkan jawabannya datang, bukan sebaliknya. Sherlock Holmes menghabiskan hidupnya dalam interaksi sadar dengan dunia di sekitarnya. Keyakinan atau titik buta kita terkadang dapat mengganggu intuisi kita. Mempraktikkan perhatian agar kita mampu fokus sepenuhnya membuka pikiran kita, alih-alih menilai fakta yang sedang diamati.

Semua Cerita Mungkin Benar Sampai Terbukti Sebaliknya

Ketika Agatha Christie menulis Hercule Poirot, dia tidak tahu bahwa buku-bukunya akan bertahan selama beberapa dekade yang akan datang. Tidak seperti Sherlock Holmes, detektif Belgia Hercule Poirot menggunakan otak kiri dan kanannya untuk menyelesaikan kasusnya. Moralitasnya juga memainkan peran penting dalam cara dia mengungkap kebenaran. Poirot lebih dari seorang detektif, dia juga seorang pendongeng.

Poirot mendorong semua orang untuk menceritakan kisah mereka. Kebanyakan mengandung kontradiksi, yang lainnya adalah fantasi. Detektif ini sangat sabar. Dia mendengarkan banyak cerita orang lain tentang apa yang terjadi dan mengapa. Dia mengizinkan setiap orang untuk berbagi sudut pandang mereka sendiri. Sekian tips tentang Detektif Perselingkuhan, semoga bermanfaat!

Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi website Detektifswasta.id atau cek Instagram kami @detektifswsta.id facebook @detektifswastaid atau bisa konsultasi langsung via WhatsApp 081281777674